Aktifitas Perangsang Kecerdasan Bayi (Kecerdasan Anak)

Setiap orang tua pasti menghendaki semua anaknya lahir sehat dan sempurna dan pada masa pertumbuhannya diharapkan menjadi anak sehat, cerdas, lincah dan terampil. Berbagai aktifitas diduga mampu merangsang kecerdasan bayi dan kecerdasan anak. Umumnya pada level bayi dan anak anak aktifitas perangsang kecerdasan ini lebih bersifat permainan yang menyenangkan dan tidak menguras banyak energi dan menimbulkan stress. Stress juga terbukti menghambat kecerdasan bayi dan anak.

Bayi terbukti dapat belajar ketrampilan baru hanya dalam waktu sangat singkat jika berada dalam kondisi senang atau sambil bermain. Mengabaikan waktu bermain dapat merusak keterampilan motorik mereka, pendengaran dan berbicara. Berbagai permainan yang merangsang bayi dan anak untuk aktif dan kreatif dapat dirancang oleh orang tuanya, tidak harus dengan biaya yang mahal. Yang perlu dicatat adalah pada usia bayi, mereka cenderung cepat belajar, namun disisi lain juga cepat bosan, maka disini diperlukan peran aktif orang tua untuk bisa memberikan berbagai permainan kecerdasan secara kreatif pula.

Berikut beberapa contoh bentuk permainan perangsang kecerdasan bayi atau anak :

1. Boneka jari. Ini salah satu contoh bentuk permainan sederhana dimana orang tua bisa membuatkan boneka sederhana dari kain atau kertas yang ditaruh di jari orang tuanya. Boneka jari ini ditempatkan kira kira 15 cm- 20 cm di depan muka anak dan digerakkan dengan jari orang tuanya.

2. Aktifitas di luar ruangan. Bayi sesekali perlu diajak keluar ruangan/rumah untuk diperkenalkan dengan berbagai suara/bunyi yang ada di lingkungan sekitar dia, namun perlu dijaga/menghindarkan bayi dari bunyi-bunyian yang menghentak cukup keras yang bisa membuat bayi Stress. Bayi juga perlu diperkenalkan dengan berbagai warna dan bentuk benda yang ada di lingkungan sekitar. Ini bisa dilakukan dengan memperkenalkannya dengan berbagai jenis tanaman, rumput-rumputan atau apapun yang bersifat alami. Warna naturalseperti hijau juga dipercaya dapat memperbaiki penglihatan.

3. Berenang. Merupakan salah satu bentuk aktifitas luar ruangan lain yang sangat penting bagi kecerdasan bayi (anak). Bukan saja akan bisa melatih otot-otot fisik bayi, tetapi juga mengajarkan kepercayaan diri pada bayi sejak dini. Latihan berenang bagi bayi dapat merangsang otot-otot bagian alat gerak tubuh, pernafasan dll. Khusus untuk aktifitas berenang ini perlu dilakukan pendampingan oleh orang tuanya secara ketat dan cermat menyangkut keselamatan bayi. Selain itu juga diperlukan beberapa alat yang memadai dan relatif aman bagi keselamatan bayi, seperti kolam renang bayi (kolam bayi), kolam renang anak (kolam renang palstik), ban renang bayi, celana renang anak dan perlengkapan renang anak lainnya.shareseriale online in romana

About kolambayi

Semua info tentang Kolam renang Bayi, kolam renang anak

Posted on October 3, 2011, in Kecerdasan Bayi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: